Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian

Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian

Ujian sekolah merupakan salah satu penentu kelulusan dan juga representasi kualitas kita selama di sekolah. Namun sayangnya banyak diantara kita siswa yang pertama kali mengalami fobia dengan yang namanya ujian sekolah, akhirnya kita menjadi malas untuk belajar dan menerapkan metode SKS (Overnight Speeding System). Sedangkan di majalah Child Development dijelaskan bahwa metode belajar instan yang disertai rasa panik hanya akan memperburuk kondisi otak, sehingga hasil tes biasanya buruk. Anda memerlukan cara yang efektif untuk belajar menghadapi ujian yang tidak hanya menekankan pada orientasi hasil atau orientasi nilai, tetapi juga menekankan pentingnya suatu proses.

Bagi kamu yang akan menghadapi ujian sekolah atau ujian nasional dalam waktu dekat, dan sedang mencari informasi trik belajar paling jitu sebelum ujian, selamat kamu sudah berada di tempat yang tepat. Berikut beberapa cara efektif untuk belajar untuk menghadapi ujian:

Luangkan waktu yang cukup untuk belajar

Kesalahan paling fatal yang dilakukan siswa adalah menerapkan konsep menit terakhir. Mereka beranggapan bahwa belajar di menit-menit terakhir sebelum ulangan bisa membuat otak lebih mampu mengingat pelajaran. Otak tidak siap menerima banyak informasi mendadak, dan panik juga akan menurunkan konsentrasi. Lebih baik meluangkan cukup waktu untuk belajar. Buat jadwal belajar yang teratur dan jangan membebani pikiran Anda dengan hasil yang Anda butuhkan.

Baca juga : Soal IUP UGM

Ajarkan apa yang telah Anda pelajari

Cara efektif lainnya untuk menelaah untuk ujian lainnya adalah dengan mengajarkan apa yang telah Anda pelajari. Oleh karena itu, seorang siswa tidak selalu harus mempelajari sesuatu, tetapi juga dapat mengajarkannya kepada orang lain. Cara ini dapat memperkuat memori pelajaran yang sedang dipelajari. Caranya cukup mudah, siapkan bahan pelajaran, undang beberapa teman, lalu mulai jelaskan pelajarannya. Anda juga dapat menggunakan boneka sebagai siswa palsu, yang terpenting adalah Anda sudah mencoba menerapkan cara ini sebelum ujian.

Baca keras – keras

Meskipun metode ini membuat Anda tampak aneh, Anda akan terkejut betapa cepatnya Anda menghafal pelajaran. Membaca diam-diam atau diam-diam mungkin tampak lebih bijaksana, tetapi jika situasinya sangat sulit, Anda memerlukan metode yang lebih canggih. Cara belajar efektif sebelum ujian ini adalah dilakukan di tempat terbuka seperti taman, di pantai atau di atas loteng. Jangan mencoba menggunakan metode ini saat Anda berada di perpustakaan.

Baca juga : Bimbingan Belajar IUP UGM

Buat peta pikiran

Salah satu keberhasilan pembelajaran tidak hanya terletak pada kemampuan mengingat, tetapi juga pada kreativitas dan kecerdasan. Banyak siswa cenderung hanya menghafal pelajaran, padahal daya ingat otak akan semakin kuat jika dibantu dengan kreativitas. Anda dapat membuat peta pikiran atau memetakan berbagai konsep pelajaran. Mulailah dengan topik utama yang telah dipelajari, kemudian kembangkan hingga Anda benar-benar memahami pelajaran.

Pertama matikan akun media sosial

Salah satu kendala siswa dalam belajar adalah karena terlalu aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan lain-lain. Sebelum menguji, ada baiknya untuk menonaktifkan sementara akun media sosial. Cara ini sangat efektif, terutama agar Anda bisa fokus pada ujian yang akan Anda hadapi.

Demikian beberapa cara efektif belajar menghadapi ujian, selain cara-cara di atas jangan lupa untuk selalu berdoa dan memohon restu orang tua.

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar