Ini Dia Fungsi NFC Pada Smartphone

Fungsi NFC Pada Smartphone

Fungsi NFC Pada Smartphone – Smartphone kelas menengah dan keatas  saat ini sudah mulai mengadopsi sensor NFC (Near Field Communication) untuk beragam kebutuhan user.

Sebenarnya teknologi NFC telah dikembangkan untuk waktu yang lama antara akhir era 1990-an hingga 2000-an. Samsung menjadi salah satu pelopor dari HP Android baru dengan teknologi NFC, tepatnya disematkan pada Nexus S pada tahun 2010.

NFC adalah protokol untuk menghubungkan dua perangkat elektronik yang berada di jarak sangat dekat, maksimal 4 cm. Hal ini memungkinkan smartphone untuk terhubung dengan smartphone lain yang memiliki sensor NFC juga.

NFC dikembangkan berdasarkan RFID (Radio Frequency Identification) dengan pangkalan antena yang mampu memungkinkan komunikasi dua arah. Sementara dimiliki NFC antena sengaja dibuat lebih pendek untuk menghindari bentrokan dengan sinyal pembawa.

Dengan perkembangan smartphone di 2020, tentu saja, beberapa orang masih bertanya-tanya apa kegunaan NFC yang hadir di kelas menengah atau atas. Agar kamu tidak bingung, fungsi-fungsi berikut yang ditawarkan oleh NFC.

Berikut fungsi NFC berdasarkan informasi yang dikutip dari laman https://tiarway.com.

Mengisi Ulang e-Money

Sekarang e-money (uang elektronik) berupa kartu sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai transaksi sehari-hari mulai dari berbelanja di supermarket, akses jalan tol, Commuter Line (Kereta Rel Listrik), MRT, Trans Jakarta, dan lain-lain.

Beberapa bank di Indonesia juga telah mengeluarkan kartu e-money masing-masing untuk menarik banyak pelanggan mulai dari Flazz BCA, e-money Mandiri, BRIZZI BRI, BNI Tap Cash, dan banyak lagi.

Dengan hadirnya NFC, pengguna e-money dapat memeriksa saldo langsung melalui smartphone. Bahkan pengguna dapat mengisi saldo langsung pada kartu e-money dari beberapa bank seperti Mandiri, BRI, BNI dan BCA.

Biasanya pengisian kartu e-money dapat digunakan melalui aplikasi resmi Bank dari penyedia yang bersangkutan. Tapi ada juga kartu e-money yang saldonya dapat diisi dengan menggunakan aplikasi e-commerce. Jelas, pengguna harus memiliki smartphone yang dilengkapi dengan sensor NFC untuk membaca kartu e-money.

 Pembayaran Melalui Digital           

Dengan hadirnya NFC, pengguna smartphone dapat melakukan pembayaran digital dengan mudah dan aman. Pengguna dapat menyimpan informasi debit atau kartu kredit melalui pembayaran aplikasi samsung, Apple, Paypal, atau pun aplikasi lain.

Dengan kata lain, kamu hanya perlu mengaktifkan aplikasi pembayaran digital dan sensor NFC. Selanjutnya, smartphone dapat dibawa ke mesin pembayaran untuk memulai proses transaksi. Begitu mudah bukan.

Terakhir, Anda dapat memasukkan PIN atau membuat tanda tangan pada smartphone untuk menyelesaikan pembayaran. Tentu saja, pembayaran melalui NFC lebih praktis daripada membawa banyak kartu di mana-mana.

Penghubung dua perangkat

NFC dapat digunakan untuk membuat dua perangkat kembali data yang bertransfer. Tidak hanya smartphone, sebenarnya banyak perangkat dapat dihubungkan dengan menggunakan sensor ini. Pengguna dapat menghubungkan smartphone ke mirrorless atau DSLR kamera, printer, produk audio, dan banyak lagi.

Teknologi NFC juga memungkinkan dua perangkat dapat dihubungkan dengan cepat dan tidak perlu repot memasangkan seperti teknologi Bluetooth.

Meingkatkan kemanan smartphone

Selain peran yang lebih besar dalam pembayaran digital, sensor NFC juga dikembangkan untuk kunci keamanan baik rumah atau mobil. Kemudian kunci dapat dibuka hanya dengan melampirkan sensor untuk sebuah smartphone yang ada.

Begitu banyak kegunaan dari NFC dan masih akan terus berkembang untuk fungsi dari NFC ini karena NFC adalah bagian dari teknologi yang tersu berkembang pesat saat ini, jadi untuk itu fitur NFC seharusnya bisa jadi salah satu syarat wajib jika kamu ingin membeli smartphone baru.

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar