Manfaat CRM bagi Perusahaan di Era Digital

Manfaat CRM bagi Perusahaan

Manfaat
CRM bagi perusahaan
sangatlah besar terutama perannya dalam
mengelola hubungan dengan pihak konsumen. Manfaat tersebut selaras dengan makna
yang terkandung dalam CRM yaitu Consumen Relationship Management. Sejatinya,
banyak makna yang terkandung dalam arti CRM, namun yang paling utama adalah
mengatur hubungan dua arah antara konsumen dengan perusahaan. CRM dapat
melakukan akses data-data mengenai pelanggan agar dapat dikelola dengan baik.

Apa
Saja Manfaat CRM Bagi Perusahaan Yang Anda Jalankan?

Pada awal
kemunculannya, CRM hanyalah alat yang hanya berbentuk manual berupa Rolodex
ataupun tulisan tangan. Namun, seiring berjalannya waktu mulailah dibuat dalam
bentuk digital atau terkomputerisasi. Realita ini tak jauh berbeda dari
pengelolaan keuangan perusahaan yang berpindah dari manual menjadi
digitalisasi. Terbukti dari menjamurnya aplikasi berbentuk software akuntansi yang semakin memudahkan dalam mengelola keuangan.

Lebih jelasnya, berikut
ini uraian tentang manfaat CRM untuk perusahaan:

  • Menyimpan informasi tentang konsumen

Manfaat utama dari keberadaan CRM adalah menyimpan data-data yang terkait dengan para konsumen. Beberapa data tersebut meliputi nama, alamat, nomor telephone, serta email yang mereka miliki. Selanjutnya, CRM juga mampu melacak produk manakah yang mereka sering beli. Informasi lain tentang waktu pembelian dan outlet yang digunakan untuk bertransaksi juga dapat dilacak dengan mudah.

Baca juga : Cara Mengelola Profit Perusahaan

  • Meningkatkan pelayanan kepada konsumen

CRM mampu melakukan
penyimpanan tentang data-data pelanggan dalam database yang tersedia. Segala
informasi yang dibutuhkan tentang mereka dapat dengan mudah dilacak dan
diketahui oleh pihak perusahaan.  Alhasil,
perusahaan akan lebih mudah melakukan identifikasi terhadap selera dan
kebutuhan konsumen. Pelayanan yang terbaik pun dapat diberikan kepada mereka .

  • Meminimalisir penggunaan spreadsheet

Dengan hadirnya CRM,
data-data dapat dikumpulkan dengan mudah dan efisien. Perusahaan tak lagi
menggunakan lembar demi lembar spreadsheet yang memakan waktu serta biaya yang
tidak sedikit. Secara otomatis, perusahaan dapat menyediakan prospek terbaru
dalam formulir pendaftaran. CRM juga dapat mengotomatisasi email untuk mengirim
ucapan terimakasih serta sambutan kepada konsumen.

  • Penjualan semakin meningkat

Manfaat CRM bagi perusahaan cukup kuat dalam meningkatkan penjualan terhadap sebuah produk. Bagaimana tidak, teknologi ini mampu mengetahui segala tren yang sedang berjalan di pasaran. Oleh sebab itu, keputusan dapat diambil dengan cepat dan bijak dalam menyikapi hal tersebut. Secara otomatis, perusahaan dapat mengikuti tren serta selera pasar sehingga penjualan menjadi meningkat.

Baca juga : Peran Mediator Bisnis

  • Tercipta loyalitas konsumen

Saat perusahaan
senantiasa memberikan pelayanan terbaiknya, tentu saja hal ini membuat para
konsumennya senang dan puas. Dengan demikian, besar kemungkinan bagi mereka
untuk loyal menggunakan produk yang diciptakan oleh perusahaan. Hal ini akan
berimbas pada profit yang semakin meningkat dari hari ke hari.

  • Hasil kinerja lebih terorganisir

Hadirnya CRM sangat
bermanfaat karena dapat mengorganisir setiap kinerja yang dihasilkan oleh
perusahaan. Pekerjaan jauh lebih terkoordinasi dengan baik dan berjalan
sistematis. Biaya yang dipergunakan oleh perusahaan menjadi lebih hemat dan efisien
sehingga dana tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang jauh lebih
penting.

Manfaat
CRM bagi perusahaan
memang tak bisa diragukan lagi. Telah
banyak perusahaan yang terbantu dengan hadirnya alat penyedia informasi yang
sudah berbentuk digital ini. Untuk mendapatkan teknologi keuangan yang lebih
terbarukan, Anda bisa mengandalkan Finata dalam mengelolanya. Finata mampu
memberikan aplikasi-aplikasi software keuangan yang lebih modern dan dijamin
sangat membantu dalam memajukan usaha.  

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar